Kisah Buddha Menaklukkan Alawaka yang Kejam

Posted by on 20 Sep 2012, 20:44 in Blog | in tag: | 0 comments

Di zaman Sang Buddha, Yakkha Alawaka adalah raksasa jahat berkekuatan gaib yang dipuja sebagai dewa rakyat Alawi. Rakyat Alawi takut kepadanya sehingga mereka selalu mengorbankan daging dan darah manusia kepadanya. Meski banyak manusia sudah dikorbankan, Yakkha Alawaka tetap kejam kepada rakyat.

Suatu hari, raja kota Alawi bernama Raja Alawaka, berburu hingga masuk hutan. Tiba-tiba muncul Yakkha Alawaka. Dengan lutut yang gemetar, raja memohon untuk melepaskannya, dan berjanji akan mengirimkan korban manusia. Raja pun menepati janjinya kepada Yakkha, mulai dari narapidana hingga anak-anak.

Buddha melihat bahwa Yakkha Alawaka mempunyai potensi untuk tercerahkan. Lalu Buddha mengunjungi istana Yakkha, Buddha membabarkan Dhamma kepada Yakkha dan Yakkhini. Mereka sangat terilhami dan menghormati Buddha.

Melihat demikian, Yakkha Alawaka mengajak pasukannya dan mengepung istana dimana Buddha di dalamnya. Dengan sembilan macam hujan mengerikan dan senjata Yakkha Alawaka yang mampu mengempaskan seisi dunia, tak ada satu pun serangannya yang mampu menggerakkan sedikit pun jubah Buddha.

Akhirnya Yakkha Alawaka bertanya kepada Buddha:
Apakah kekayaan terbesar yang dapat dimiliki seseorang?
Apakah yang akan membawa kebahagian?
Apakah rasa yang paling manis?
Bagaimana cara hidup yang paling mulia?

Buddha menjawab:
Keyakinan adalah kekayaan terbesar yang dapat dimiliki seseorang.
Perbuatan baik akan membawa kebahagian.
Kebenaran adalah rasa yang paling manis.
Hidup dengan kebijaksanaan adalah yang paling mulia.
Setelah mendengarkan jawaban Buddha, Alawaka pun tercerahkan.

⌣»̶·̵̭̌·✽̤̥̈̊8 Jayamanggala, SADHU, dari Ehipassiko Foundation,✽̤̥̈̊·̵·̵̭̌«̶⌣

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>