Tips Mengajar Anak Buddhis dengan Baik dan Benar oleh Y.M. Bhikkhu Cittaguto Thera

Posted by on 24 Oct 2012, 08:48 in Blog | in tag: , | 0 comments

  1. Dalam mengajar anak-anak jangan sekali-kali mengajarkan bahwa Buddha ingin / harus disembah-sembah.

    Ajarkan mereka yang benar bahwa, “Buddha is the Teacher”. Tekankan kata-kata itu, ajarkan mereka menghormati Buddha karena ajaran-Nya yang mulia, “Guru dari para dewa dan manusia”.

    Rasa sujud mereka akan berbeda dengan sujud karena rasa takut, melainkan sujud penuh dengan rasa hormat.

    Dalam ajaran agama lain selalu diajarkan “tidak menyembah patung / berhala.” Hal ini yang mengecilkan pikiran anak kita. Mereka berpikir bahwa Buddha itu patung / berhala. Karena orang tua juga tidak mengerti sehingga anak mempunyai rasa malu karena menyembah patung.

  2. Jangan sekali-sekali mengajarkan anak untuk meminta minta kepada Buddha atau mendapatkan berkah dari Buddha. Buddha tidak mengajarkan kita untuk meminta-minta. Buddha tidak akan memberikan apa yang kita minta-minta.

    Ajarkan tentang, “karma = hasil perbuatan”. Tekankan bahwa apa yang kita peroleh itu semua karena buah dari perbuatan kita.

    Dalam ajaran agama lain selalu diajarkan, “Jangan meminta-minta pada dewa-dewa/patung-patung”. Hal ini yang mengecilkan pikiran anak kita, mereka berpikir bahwa Buddha itu salah satu dewa juga. Karena orang tua juga tidak mengerti sehingga anak mempunyai rasa malu karena meminta pada dewa-dewa/patung-patung

  3. Jangan menakut-nakuti anak bahwa Buddha akan menghukum, marah atau akan datang kepada kita. Buddha selalu mengajarkan “cinta kasih di setiap ajaran-Nya”. Jadi tidak ada hukuman dan kemurkaan.

    Dalam riwayat cerita, Buddha tidak pernah mengajarkan dengan serangan keji, menyuruh membunuh dan terjadi peperangan dalam membabarkan ajaran-Nya. Ajarkanlah bila ada yang tidak mengerti pada ajaran-Nya, silahkan datang dan buktikan. “Datang dan buktikanlah = Ehipassiko”, itu yang kita ajak diskusikan dengan anak.


Semoga postingan ini bermanfaat..

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>