Pentingnya Kebijaksanaan di Atas Kasih, Ilmu, dan Iman

Posted by on 24 Oct 2012, 14:54 in Blog | in tag: | 0 comments

Umumnya orang memandang bahwa:

Dengan kasih, “hidup” menjadi “indah”,

Dengan ilmu, “hidup” menjadi “mudah”,

Dengan iman, “hidup” menjadi “terarah”.

Sungguh indah terdengar, namun apakah benar demikian adanya?

Sesungguhnya bila tanpa dilandasi dengan kebijaksanaan, maka baik itu kasih, ilmu, maupun iman, tidak ada satu pun yang bisa membuat “hidup” ini menjadi indah, mudah dan terarah.

Tanpa kebijaksanaan, kasih bisa menjadi bencana.

Bagaikan menolong ikan (kasih) dengan mengangkatnya ke darat karena takut ikan tidak bisa bernafas di dalam air, dan akhirnya hidup ikan menjadi tidak indah lagi.

Menyakiti atau membunuh mahluk yang satu demi membahagiakan (kasih) mahluk lainnya.

Tanpa kebijaksanaan, ilmu bisa menjadi bencana (ilmu yang tidak dipraktekkan pada tempatnya).

Tanpa kebijaksanaan, iman bisa menjadi bencana. Keliru meyakini sesuatu yang tidak layak untuk diyakini, seperti mengimani sesuatu ajaran yang berpandangan keliru.

Oleh karena itu, bijaksana ketika mengasihi, bijaksana ketika menggunakan ilmu, dan bijaksana menempatkan iman/keyakinan/saddha, inilah yang membuat “hidup” menjadi indah, mudah, dan terarah.

Melalui “membaca” dan “mendengarkan” Dharma (ajaran kebenaran), dapat memunculkan kebijaksanaan, ini adalah kebijaksanaan tingkat pertama, disebut sutamaya panna.

Lebih tinggi lagi, kebijaksanaan yang muncul melalui perenungan benar yang mendalam, disebut cintamaya panna.

Dan yang terakhir dan tertinggi adalah kebijaksanaan yang diperoleh melalui penembusan meditasi, disebut bhavanamaya panna.

Semoga setiap kasih, ilmu, dan iman yang kita praktekkan selalu dilandasi dengan kebijaksanaan, karena inilah yang membuat hidup menjadi indah, mudah, dan terarah.

Semoga Semua Mahluk Berbahagia _/\_

Dari : Broadcast BBM

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>