Air Danau yang Keruh Menjadi Bersih

Posted by on 7 Nov 2012, 07:29 in Blog | in tag: , | 0 comments

Satu kali, Buddha sedang berjalan dari suatu kota ke kota lain dengan beberapa pengikut-Nya.
Ketika mendekati sebuah danau, Buddha berkata kepada seorang pengikut-Nya, “Saya haus, tolong ambilkan Saya air dari danau itu.”

Pengikutnya itu berjalan menuju danau itu. Ketika mendekat, dilihatnya beberapa orang sedang mencuci pakaian di danau itu, dan baru saja sebuah gerobak yang ditarik 2 ekor sapi melintasi pinggir danau itu.
Air sekitarnya menjadi keruh dan berwarna gelap. Pengikut ini berpikir, “Mana mungkin memberi air keruh kepada Guru Buddha sebagai air minum?”

Ia pun kembali dan menyampaikan ke Buddha, “Airnya sedang keruh. Saya pikir belum bisa diminum.”

Waktu berlalu, dan setengah jam kemudian Buddha memintanya kembali ke danau untuk mengambilkan air minum untuknya. Dengan patuhnya ia pun kembali ke danau. Sekarang air danau sudah menjadi bening kembali. Lumpurnya sudah mengendap dan air di atasnya sudah berubah jernih dan siap diminum. Ia pun mengisi potnya dengan air itu.

Ketika Buddha melihatnya, ia berkata kepada pengikutnya, “Lihatlah, apa yang kamu lakukan untuk membuat air itu jernih? Kamu diamkan, maka lumpurnya perlahan-lahan turun dengan sendirinya, dan kamu mendapat air yang bersih. Begitu juga dengan pikiranmu. Kalau sedang tidak tenang (galau), diamkan saja dulu. Beri waktu sesaat, lalu pikiran keruhmu itu akan berubah tenang dengan sendirinya. Tidak usah repot untuk mengendapkannya.”

Dari : Broadcast BBM

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>