Bersabar Bukan Berarti “Lemah”

Posted by on 15 Nov 2012, 09:37 in Blog | in tag: | 0 comments

Kesabaran merupakan suatu bentuk kekuatan mental, bukan kelemahan. Kadang kita memandang salah kepada seseorang yang sabar sebagai seseorang yang lemah. Cobalah kita melatih kesabaran kita, mudahkah? Rasanya tidak mudah. Lebih mudah untuk langsung melontarkan amarah dibandingkan bersabar. Kesabaran menunjukkan kekuatan jiwa dari orang yang memilikinya.

Kita biasanya mudah bersabar pada saat situasi dan kondisi kita sedang menyenangkan. Kita dengan mudah bersabar dalam kemacetan lalu lintas atau bersabar dengan anak kita yang nakal saat baru saja kita mendapat kenaikan gaji atau cinta kita baru saja diterima oleh sang pujaan hati setelah sekian lama di kejar-kejar. Saat itu mungkin kita menjadi orang paling sabar sedunia. Tetapi itu bukanlah merupakan kesabaran yang sesungguhnya.

Kesabaran merupakan sebuah kekuatan mental, sebuah cerminan kualitas diri, suatu sikap yang bisa ditunjukkan saat kondisi atau situasi yang tidak menyenangkan datang.

Itulah kesabaran yang sesungguhnya.


~ Bhante Sri Pannavaro Mahathera

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>