FAQ tentang Donor Darah

Posted by on 22 Nov 2012, 08:37 in Blog | in tag: , | 0 comments

  • Syarat teknis apa yang dibutuhkan untuk donor darah?
    Lihat di sini

  • Apakah donor darah itu aman?
    Donor darah adalah proses yang aman. Jarum dan kantung darah yang digunakan dalam donor darah bersifat steril dan digunakan hanya sekali sehingga meniadakan kemungkinan penularan/infeksi lewat jarum suntik.

  • Saya pernah ditolak untuk mendonor, bisakah saya coba lagi untuk mendonor?
    Banyak alasan penolakan untuk mendonor adalah alasan sementara, misalnya alasan yang paling umum adalah alasan kesehatan dan tingkat zat besi yang kurang.
    Sebuah tes kesehatan kecil akan dilakukan untuk memastikan apa kamu cukup sehat untuk bisa mendonorkan darah. Jadi jika anda pernah ditolak sebelumnya, dan sekarang merasa cukup sehat. Coba saja lagi :)

  • Jika saya ditolak (lagi) apa yang bisa saya lakukan?
    Jika kamu tidak masuk ke prasyarat donor darah, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membantu, misalnya mengorganisasi kegiatan donor darah, mengajak orang lain untuk mendonor, mengkampanyekan pentingnya donor darah, memberikan ide, dan lain-lain.
    Ikuti milis Blood for Life atau follow twitter @bloodforlifeID dan @bloodforothers, dan kamu akan menemukan banyak orang yang tidak bisa mendonorkan darahnya tapi mau membantu dalam cara-cara yang lain.

  • Seberapa sering saya bisa menyumbang?
    Biasanya tiap 3 bulan sekali.

  • Apa yang harus saya persiapkan sebelum mendonorkan darah?
    Kamu memerlukan tidur yang nyenyak di malam sebelum donor, sarapan pagi atau makan siang sebelum mendonor. Banyak minum seperti jus, susu sebelum donor.
    Rileks saat donor, dan banyak minum setelah donor.
    Kamu bisa melanjutkan kegiatan setelah donor, asal hindari aktivitas fisik yang berat.

  • Apa yang terjadi saat mendonor dan berapa lama yang dibutuhkan untuk mendonor?
    Empat langkah cepat dalam mendonor adalah pengisian sejarah medis, tes fisik cepat, donor, dan makanan ringan. Proses donornya sendiri hanya menghabiskan waktu sekitar 10-12 menit.

  • Berapa banyak darah yang diambil – apakah ada efeknya untuk saya?
    Satu kali donor darah kira-kira memerlukan satu kantung, rata-rata orang dewasa memiliki darah sebanyak 10-12 kantung di tubuhnya. Jumlah yang diambil bervariasi setiap saat dari kondisi pendonor. Rata-rata yang bisa diambil adalah 250cc – 450cc. Jumlah darah yang diambil juga bisa saja berbeda dari orang yang sama di setiap kali donor, tergantung kondisi kesehatannya.
    Kebanyakan orang tidak akan merasakan apa-apa setelah donor darah, beberapa orang mungkin akan mengalami sedikit pusing, tapi istirahat yang cukup akan menyembuhkannya. Tubuh akan mengganti cairan yang hilang dalam 24 jam.

  • Apa yang terjadi dengan darah saya setelah saya mendonor?
    Segera setelah donor darah, darah akan melalui serangkaian tes untuk memastikan darah itu sehat atau tidak. Jika darah dinyatakan tidak sehat, darah akan dibuang. Darah yang sehat akan dipisah berdasarkan komponennya dan disimpan ke penyimpanan khusus dan akan kadaluarsa dalam jangka waktu 28 hari.


SUMBER :

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>