Tips Sebelum dan Sesudah Donor Darah

Posted by on 29 Nov 2012, 19:36 in Blog | in tag: , | 1 comment

Tips-tips persiapan sebelum donor darah

  1. Beberapa hari sebelum donor, makan makanan yang mengandung banyak zat besi, misalnya sayuran berwarna hijau.
  2. Bisa juga makan daging merah / seafood. Tapi kalau takut kolesterol dan lemak pada daging dan seafood, makan saja sayur hijau yang banyak.
  3. Untuk yang bermasalah dengan HB rendah, selama beberapa hari sebelum donor jangan minum kopi / teh karena akan membuat HB susah bertambah.
  4. Usahakan cukup tidur. Jangan begadang beberapa hari sebelum donor supaya tensi normal dan tubuh fit. Apalagi kalau besoknya mau donor, sangat tidak disarankan untuk begadang.
  5. Pada hari mau donor, ingat untuk sarapan. Kira-kira 1 jam sebelum donor. Ini sangat penting. Bagi yang tidak terbiasa sarapan juga disarankan untuk tetap sarapan. Sarapan yang ringan-ringan juga tidak apa-apa.
  6. Kalau donornya siang setelah makan siang / malam, hindari makanan berlemak / junk food / es krim / kentang goreng.
  7. Sudah selesai donor ingat untuk berbaring sebentar untuk menghindari efek samping yang mungkin muncul. Biasanya kalau kurang persiapan donor, efek yang mungkin muncul adalah kesemutan di bibir / hidung, menggigil.
  8. Setelah donor darah, minum banyak air selama 48 jam berikutnya karena tubuh memerlukan cairan, yang hilang pada waktu donor darah.
  9. Hindari aktivitasi fisik yang berat seperti olahraga atau angkat berat selama sekitar 5 jam setelah donor darah.
  10. Kalau merasa pusing atau melayang, sebaiknya tetap berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala.
  11. Kalau terjadi pendarahan di lengan setelah perban dilepas, angkat tangannya selama 3-5 menit.
  12. Kalau ada memar di bawah kulit / hematom (warna merah, ungu, hijau) dikompres berulang 15 menit selama 24 jam.
  13. Tentu saja setelah donor, makan makanan yang tepat dan bergizi untuk dapat membantu mengisi kembali zat besi dan vitamin yang hilang. Tanpa zat besi, tubuh tidak dapat mempertahankan / memproduksi sel darah merah yang sehat. Makan juga makanan yang mengandung riboflavin / vitamin B2, B, dan tentu saja banyak minum air putih.
Share Button

One Comment

  1. tisa says:

    mau tanya..sehari sehabis ngedonor kenapa tangan saya jadi memar berwarna merah..malahan besok nya malah menyebar merah memar nya

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>