Berbuat Baik untuk Membayar Hutang Karma?

Posted by on 3 Dec 2012, 10:00 in Blog | in tag: | 0 comments

"Berbuat baik untuk Membayar hutang karma".

Ini adalah pernyataan yang tidak asing bagi kita, dan sering kita dengar. Akan tetapi benarkah pernyataan itu?

Pernyataan itu seolah-olah menyatakan bahwa hukum karma adalah matematika yaitu hukum tambah kurang, dimana dengan melakukan karma baik, maka kita bisa mengurangi atau melunasi hutang karma buruk kita.

Padahal hukum karma sesungguhnya adalah hukum sebab akibat, bukan hukum tambah kurang. Artinya adalah semua sebab akan menghasilkan akibat masing-msaing sesuai dengan bobotnya. Bila kondisinya sudah "pas", terjadilah.

Baik itu karma baik ataupun karma buruk tetap akan menghasilkan akibatnya masing-masing, tidak bisa saling mengurangi apalagi meniadakan (bayar hutang).

Perbuatan baik (karma baik) adalah bagaikan payung yang bisa melindungi kita dari hujan. Namun payung tidak bisa menghentikan hujan, apalagi meniadakan hujan.

Demikianlah karma baik bila kondisinya sudah "pas", buahnya (akibatnya) bisa melindungi kita, mengurangi penderitaan yang diakibatkan oleh karma buruk kita, namun tidak bisa membayar hutang atau mengurangi karma buruk kita.

Andaikan garam adalah karma buruk, air putih adalah karma baik, cangkir adalah diri kita, dan rasa adalah akibat / buah karma. Maka sebanyak apapun air putih (karma baik) yang dimasukkan ke dalam cangkir (diri kita) yang berisi garam (karma buruk), tidak akan mengurangi jumlah garam (karma buruk) yang telah berada di dalamnya. Namun air putih (karma baik) bisa mengurangi rasa asin (akibat / buah) yang diakibatkan oleh garam (karma buruk) tersebut.

Semoga dengan menyadari bahwa karma baik tidak bisa dan bukan untuk membayar hutang karma buruk, kita tidak lagi berprinsip bahwa berbuat baik untuk melunasi hutang karma buruk kita, namun walaupun demikian berbuat baiklah karena perbuatan baik itu memang baik adanya.

Dari : Broadcast BBM

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>