Pohon Jambu yang Bermanfaat untuk Keteduhan Orang Lain

Posted by on 11 Dec 2012, 19:06 in Blog | in tag: | 0 comments

Ada seorang pria yang sedang membangun rumah, ketika menjelang selesai ia harus menghilangkan sebuah pohon jambu di depan yang mengganggu pagar baru yang hendak dibuat. Cara yang sangat lazim dan lumrah tentu adalah dengan menebangnya, karena itu sebuah cara yang efisien dan tidak merepotkan. Namun ternyata pria ini memilih untuk memanggil tukang taman yang sudah ahli dalam mencabut dan memindahkan pohon (agar tidak mati) ke tempat yang baru. Kemudian ia menghubungi dinas taman kota untuk menyumbangkan pohon jambu tersebut guna ditanam di area yang memerlukan.

Ketika ditanya alasannya kenapa rela merepotkan diri dan menghabiskan waktu hanya untuk sebuah pohon, ia menjawab dengan tersenyum bijak bahwa itu dilakukannya agar pohon jambu itu dapat menemukan tempat kehidupan yang baru serta masih mampu melanjutkan memberi manfaat bagi lingkungan sekitar dengan kerindangannya. Ia melanjutkan betapa ia sungguh berterima kasih atas "pengabdian" pohon itu selama ini telah ikut membantu keteduhan bagian depan rumahnya.

Sahabat, rumah yang sedang kita bangun adalah kehidupan ini. Pohon jambu adalah bagian dari perjalanan kehidupan yang memberi keteduhan. Tatkala kita harus memindahkannya ke tempat yang lain seiring kondisi baru yang menghinggapi, seringkali kita memilih cara pintas dengan"mencabutnya" agar proses yang harus kita lalui bisa lebih cepat tanpa mengingat kemungkinan orang lain ada yang membutuhkannya.

Ketika kita mau bersusah payah untuk menghargai jasa setiap keping perjalanan kehidupan yang telah memberi "keteduhan" kepada kita selama ini dengan membaginya kepada yang lain, maka kita justru akan memperoleh sebuah "keteduhan" baru yang bernama kebahagiaan atas pelepasan yang bermanfaat bagi sesama…..

I feel that the greatest reward for doing is the opportunity to do more. (Jonas Salk)

Dari : Broadcast BBM

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>