Melafalkan Maha Karuna Dharani

Posted by on 11 Dec 2012, 21:31 in Blog | in tag: | 0 comments

Di dalam membaca sutra kita belajar menyatukan hati, menyelaraskan pikiran dalam 1 perenungan. Kita belajar menegarkan batin ini pada konsentrasi terpusat.

Maha Karuna Dharani adalah kitab perenungan luhur. Bacalah arti yang terkandung di dalamnya, sehingga saat melafalkan, batin kita yang murni bisa menyerapnya.

Lafalkanlah dengan tekun, rasa sujud, dan pasrah. Tanpa pengharapan apa pun, baik itu mukjizat, kesembuhan atau berkat apa pun juga, karena semua itu fana.

Orang mati yang dibangkitkan? Semua makluk akhirnya harus meninggal juga. Kekayaan? Semua itu bukanlah milik sejati, kita hanya dapat posisi sementara untuk menguasainya, tapi bila saatnya tiba semua itu akan ditinggalkan tanpa dibawa sepeser pun. Keindahan rupa? Suatu hari akan termakan usia.

Semua pengharapan-pengharapan itu sebaliknya hanya akan menambah ego, ia menjerat kita dalam keinginan-keinginan (tanha); tanha akan menguasai pikiran kita.

Janganlah membesarkan tanha kita apalagi memaksakannya. Janganlah ego kita sampai melawan hukum alam. “Air turun dari daratan tinggi ke yang lebih rendah, atau alam bergerak sebaliknya?”

“Kejahatan menghasilkan penderitaan tapi sebaliknya, mengarahkan hati dengan lurus kpd Buddha yang Maha Suci, tanpa kebencian dan noda batin, melebihi segala mukjizat apa pun.”

Mari kita menghadap dengan hormat dan hati yang bersih, melafalkan sifat ke-Buddha-an yang diuraikan dalam Dharani ini di dalam batin kita.

Biarlah menyatu ke dalam sanubari. Biarlah kegelisahan tersingkir. Biarlah keyakinan melenyapkan tembok rintangan batin apa pun yang melampaui mata duniawi.

Jangan ragu lagi, mari kita lantunkan Dharani ini, kita renungkan kembali dengan membuka pintu hati kita lebar-lebar. Dengan keterbukaan hati, tabir yang tertutup selama ini akan jadi semakin jelas.

Svati hotu, terjemahan:
http://buddhistscript.blogspot.com/2011/10/maha-karunika-citta-sutra.html

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>