Apa Bagusnya Agama Buddha itu?

Posted by on 14 Dec 2012, 10:56 in Blog | in tag: , | 0 comments

Salah satu hal yang baik dalam agama Buddha adalah ajaran-Nya selalu mengundang orang untuk bertanya. Kita tidak diminta untuk percaya begitu saja (apakah pada kitab, wahyu, kata si utusan, dll) tetapi kita diajari cara untuk mencari kebenaran.

Ada satu cerita untuk memahami apa itu agama Buddha. Beberapa tahun lalu, ada kejadian di mana seorang tentara Amerika ‘tanpa sengaja’ membuang lembaran Al-Quran ke dalam lubang kloset. Berita ini masuk di koran-koran, media TV di seluruh dunia. Sepertinya si tentara melakukan kejahatan ekstrim.

Waktu itu saya ditelepon seorang wartawan Australia. Ia berkata bahwa ia sudah menanyai semua pemimpin keagamaan pertanyaan yang sama. “Ajahn Brahm, apa yang akan Anda lakukan seandainya ada orang yang merobek lembaran Tripitaka dan membuangnya ke kloset?”

Tanpa ragu, saya menjawab, “Kalau ada yang membuang lembaran Tripitaka ke dalam kloset saya, yang pertama yang akan saya lakukan adalah memanggil tukang ledeng.” Sebagai biksu, kami sangat praktis. Saya menambahkan, “Pak, Anda bisa saja membuang, merusak Tripitaka, arca Buddha, wihara, dan membunuh para bhikkhu. Tapi saya tidak akan memperkenankan Anda menghancurkan ‘ajaran’ Buddha. Saya tidak akan pernah memperkenankan Anda membuang kedamaian, pemaafan, welas asih, dan kebijakan ke dalam kloset.”

Buku, arca Buddha, biksu, wihara adalah bungkus luarnya. Apa yang ada di dalam Ajaran Buddha adalah kedamaian, pemaafan, welas asih, dhamma itulah yang terpenting.


Jadi beritahukanlah hal penting ini kepada keluarga Anda, rekan Anda, sahabat Anda.

Ajahn Brahm

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>