Pengalaman Pasien Butuh Darah, Juli Umur 16 Tahun

Posted by on 9 Jan 2013, 08:44 in Blog | in tag: | 0 comments

Sekedar berbagi pengalaman pasien butuh darah, Juli 16 thn

Kronologis : siang hari selepas pulang sekolah, Juli dibonceng oleh teman sekelasnya. Dalam perjalanan, sepeda motor terkena lobang di jalan menyebabkan motor terjatuh, dan Juli langsung disambut truk yang lewat hingga terserat jauh. Yang membonceng hanya mengalami luka ringan, sedangkan Juli sangat parah yakni kulit kaki di sebelah kanan terkuliti hingga hampir lepas semuanya, perut robek hingga usus terburai. Juli dibantu warga ke rumah sakit di Binjai, namun pihak rumah sakit menyarankan untuk dipindahkan ke RS. Adam Malik.

Saat di RS. Adam Malik pasien terus mengalami pendarahan, 3 kantong darah berhasil diberikan dari pihak keluarga Juli dikarenakan dokter akan melakukan tindakan operasi plastik pada kulit kaki yg terbuka maka diperlukan sebanyak 3 kantong lagi stok darah. Pihak keluarga yang dari siang hari sibuk mencari darah di Medan hingga hampir putus asa karena stok di PMI dan beberapa UTD sedang kosong. Hingga akhirnya mereka tiba di RS. Columbia Asia dan dibantu oleh suster UTD yang menginfokan kepada PDDI keadaan kritis butuh darah maka PDDI membroadcast dibutuhkan darah B+ sebanyak 3 kantong.

Berkat antusias masyarakat yang membantu mem-broadcast hingga para pendonor yang langsung menuju UTD walaupun sudah sangat larut malam, akhirnya 8 kantong darah B+ diperoleh.

Dikarenakan stok darah selalu tidak mencukupi kebutuhan darah setiap harinya untuk berbagai macam pasien di rumah sakit maka kita sangat anjurkan agar mau mendonorkan darah kita secara rutin yakni 3 bulan sekali agar kantong-kantong darah tersebut mampu menyambung nyawa kehidupan org lain.

Salam Pengabdian
PDDI-Medan

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>