Manfaat dan Efek Samping Buah Nanas

Posted by on 11 Jan 2013, 18:58 in Blog | in tag: | 0 comments

Manfaat dan efek samping buah nanas. Buah nanas merupakan salah satu buah yang unik, buah nanas mempunya kanduangan air hampir 90 %. Nanas kaya akan Kalium, Kalsium, lodium, Sulfur, Khlor, Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta Enzim Bromelin. Sekarang kita lihat seberapa besar manfaat buah nanas dan efek sampingnya bagi tubuh.

Membantu Pencernaan dan Mempercepat Penyembuhan : Bromelain membantu proses penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan atau peradangan di dalam tubuh. Nanas adalah pilihan yang baik bagi pasien sebelum dan sesudah menjalani operasi.

Berfungsi Sebagai Pembersih : Nanas bersifat membersihkan. Enzim bromelain membantu membersihkan tubuh dan mengimbangi kadar keasaman dalam darah.

Memperkuat sistem imun dalam tubuh, memperkuat otot jantung dan memperlambat penuaan dini : Nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan, dan meningkatkan stamina dan energi.

Dapat Meningkatkan Protein Dalam Tubuh dan Mengurangi Dehidrasi : Mengkonsumsi sari buah nanas akan meningkatkan protein dalam tubuh. Nanas juga bisa mengurangi dehidrasi. Buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A (Retinol) masing-masing sebesar 24,0 miligram dan 39 miligram dalam setiap 100 gram. Vitamin C dan A tersebut memiliki aktivitas sebagai antioksidan.

Mengurangi Stress : Menurut penelitian yang dilakukan Wen dan Wroslstad dari Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Oregon State University (2002), sari buah nanas ternyata memiliki kandungan serotonin sekitar 1,7 miligram – 3,15 miligram/100 gram. Serotonin ini selain berperan mencegah kanker juga dapat mengurangi stres.

Mengangkat Sel Kulit Mati : Buah dan daun nanas ternyata bermanfaat untuk membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement).

Menurunkan Berat Badan : Buah nanas ternyata dapat melangsingkan tubuh dan cukup baik digunakan untuk program diet. Caranya adalah sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci bersih. Potong seperlunya lalu dijus atau diparut, kemudian peras airnya. Minum perasan air ini tanpa campuran apa pun, lakukan dua kali sehari.

Mengobati Radang Tenggorokan : Sediakan dua buah nanas masak. Kupas kulitnya, cuci sampai bersih, potong seperlunya, dijus atau diparut, peras airnya, minum 3 kali sehari masing-masing 1/3 bagian.

Mengobati Rasa Kembung Perut : Minum jus nanas sekitar 30 menit sebelum makan, lakukan 3 kali sehari masing-masing sebanyak ½ gelas (150 cc)

Menyembuhkan Radang Kulit : Sediakan ½ buah nanas yang sudah masak, kupas, cuci bersih, lalu parut. Gosokan parutan nanas pada bagian kulit yang sakit, lakukan pada malam hari menjelang tidur, biarkan semalaman, dan cuci keesokan harinya.

Mengatasi Ketombe : Sediakan ½ buah nanas yang sudah masak, kupas kulitnya, parut, peras lalu saring, tambahkan perasan 1 jeruk nipis ke dalam perasan nanas tadi, aduk rata, kemudian gosok pada kulit kepala, lakukan sebelum tidur, dan keramas keesokan harinya.

Efek Samping Buah Nanas

Dapat Merusak kandungan : Nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat merusak kandungan. Makanya, nanas sering digunakan untuk mengatasi haid yang terlambat. Wanita hamil disarankan untuk tidak mengkonsumsi nanas muda.

Memicu Rematik : Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.

Meningkatkan Gula Darah : Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

Dari : Broadcast BBM

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>