Reticular Activating System (RAS) Membuat Anda Fokus pada yang Penting Saja

Posted by on 14 Jan 2013, 18:18 in Blog | in tag: | 0 comments

‘RAS (1)’
(by toni_yoyo@yahoo.com)

Dalam otak kita ada area sangat kecil, yang disebut Reticular Activating System (RAS). Bagian ini sangat vital karena memungkinkan kita secara bawah sadar menyaring hal-hal tidak penting dan berfokus kepada yang penting saja atau yang diinginkan.

Misalkan, Anda suka dan ingin memiliki mobil Mitsubishi Pajero Sport hitam. Dijamin, Anda akan melihat banyak mobil Mitsubishi Pajero Sport hitam berlalu lalang di jalanan.

Sebenarnya tidak lantas mobil model tersebut bertambah banyak di jalanan. Tetapi karena RAS ’aktif’ memberi sinyal kepada Anda setiap kali ada mobil tersebut lewat.

Anda bisa memanfaatkan RAS untuk perbaikan/kemajuan Anda. Tetapi hati-hati, banyak orang yang tanpa sadar salah ‘memanfaatkan’ RASnya.

Contohnya, seseorang yang memiliki penyakit degeneratif (tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dll) akan menjaga ketat makanannya. Ia sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memperparah kondisinya.

Daging merah berlemak, makanan bergaram tinggi, santan, jeroan, dll sebaiknya dihindari. Saking takutnya, selalu terpikir/terfokus oleh mereka makanan yang harus dihindari tersebut. Ini ’terekam’ dan malah dianggap penting oleh RAS.

Akibatnya jika mau makan, yang ’terlihat’ adalah makanan-makanan ’terlarang’ tersebut. Jadilah orang itu menderita.

Seharusnya, orang tersebut fokus kepada makanan sehat yang sebaiknya dikonsumsi (buah dan sayur segar, makanan berserat lainnya, ikan, biji-bijian, dll). Makanan-makanan sehat tersebut yang seharusnya terekam dalam RAS.

Dengan demikian, setiap kali mau makan, orang tersebut dengan mudah ’mendeteksi’ makanan sehat. RASnya akan mengarahkan perhatiannya ke makanan sehat.

Orang tersebut tidak akan ’tersiksa’ dengan makanan yang harus dihindari karena fokusnya bukan ke jenis makanan tersebut.

Orang yang bisa memanfaatkan RASnya dengan benar seperti contoh di atas, akan lebih berbahagia dalam kehidupannya.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>