Membersihkan Rumah Pasca Banjir

Posted by on 29 Jan 2013, 09:05 in Blog | in tag: | 0 comments

Apakah rumah Anda termasuk yang terkena banjir? Tentunya setelah banjir reda, Anda harus memberikan waktu lebih untuk membersihkan rumah. Membersihkan rumah pasca banjir ini tidak dapat diremehkan. Semakin lama Anda membiarkan kerusakan tersebut, maka akan semakin besar kerugiannya. Dengan cara dan trik yang benar dalam membersihkan rumah, Anda dapat meminimalisir kerugian akibat banjir sekaligus menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga.

1. Untuk Listrik dan barang2 elektronik yg terendam

-Jangan lupa mematikan aliran listrik di area yang ingin dibersihkan. Aliran listrik yang masih menyala dapat membahayakan nyawa Anda jika ternyata masih ada air yang tergenang. 
- Semua peralatan dan perangkat listrik harus diperiksa secara menyeluruh, jika mungkin oleh tukang listrik yang berlisensi.
- Alat elektronik yg terendam banjir, jgn langsung dinyalakan, tunggu sampai benar2 kering (3-4 hari) Bersihkan dengan cairan disinfektan untuk bagian dalam kulkas, mesin cuci. Bila alat ini tdk dpt berfungsi dgn baik maka bawa ke tukang reparasi/ dibuang saja.

2. Untuk Dekorasi Indoor dan Furniture

- Furniture: perhatikan bagaimana kondisi sofa dan tempat tidur. Apakah terendam banjir seluruhnya dan basah? Jika iya, sebaiknya tidak usah pikir panjang untuk membuangnya. Walaupun sudah dijemur dan kering, jamur dan kuman yang menempel tidak otomatis hilang.

- Furniture berlapis. Jika furnitur telah parah direndam atau terendam Dalam air selama sehari untuk dua hari, Anda mungkin perlu untuk membuangnya.

- Furniture Kayu yang diselamatkan jika benar-benar kering dalam waktu 24 hingga 48 jam dan tidak ada tanda-tanda pertumbuhan jamur.

- Furnitur furnitur laminasi Laminate jika sudah direndam cukup lama untuk delaminate, itu harus dibuang. Kayu Padat menyerap banyak air dan sulit untuk kering dengan sempurna

- Setiap furnitur yang telah dibuat dari papan partikel harus dibuang.

- Karpet: jika karpet Anda sudah terkena jamur, buang segera. Jamur bisa membahayakan kesehatan anggota keluarga.

- Bahan kayu: pastikan Anda memperbaiki bagian-bagian rumah yang berbahan kayu. Apalagi kalau bagian-bagian tersebut lapuk karena banjir. Misalnya saja jendela atau pintu. Bahan berkayu yang basah cenderung mudah ditumbuhi jamur.

- Laci & Lemari

Jika air sudah masuk ke dalam laci atau lemari, ada kemungkinan Anda juga harus membuangnya. Namun jika air yang masuk hanya sedikit, Anda masih dapat menyelamatkanny a. Anda dapat melubangi laci atau lemari tersebut dan membiarkan air mengalir dari lubang itu. Jangan khawatir, lubang ini akan mudah untuk ditutup saat Anda melakukan rekonstruksi atau pendekoran ulang rumah.

- Lantai

Jangan meremehkan bagian lantai. Walaupun sudah dibersihkan, bukan berarti lantai Anda benar-benar sudah tidak berkuman. Lakukan beberapa kali pengepelan dengan cairan desinfektan. Gunakan alat pel yang memang mudah menyerap air sehingga memudahkan pekerjaan Anda.

Perhatikan juga lantai yang sudah terkena banjir ini. Beberapa bagian bisa rusak sehingga kemungkinan di kemudian hari, air bisa merembes dari sana. Sebaiknya perbaiki area lantai tersebut.

- Tembok

Bersihkan segera tembok dari lumpur yang menempel dengan sikat dan cairan desinfektan. Jika beberapa bagian tembok rusak, seperti catnya mengelupas, Anda bisa melakukan pengecatan ulang. 

- Tirai/Gordyn bisa diselamatkan dengan pencucian dgn disinfektan, jemur dibawah sinar matahari. Kecuali sudah terkontaminasi maka hrs dibuang

3. Untuk Barang-barang pribadi

- Kertas dan buku penting bisa diselamatkan jika diperlakukan dengan benar. Tapi kalau sudah tidak jelas bentuknya, sebaiknya Anda ikhlaskan saja untuk dibuang.

- Mainan dan peralatan bermain harus dibuang jika mereka telah menjadi basah kuyup atau tidak dibersihkan.

- Pakaian, linen, dan kain lain biasanya bisa dicuci dengan cairan anti kuman dan diselamatkan kecuali terkontaminasi.

4.Untuk Produk Makanan dan Dapur

- Semua makanan, obat-obatan dan bahan mentah yg kontak dengan air banjir harus dibuang.

- Jika daya telah off untuk dua jam atau lebih, Anda akan perlu untuk membuang makanan yang mudah rusak seperti: daging, unggas, ikan, telur dan sisa makanan.

- Piring, perak, peralatan memasak dan makanan daerah persiapan harus disterilkan dgn direndam air panas/ direbus sebelum menggunakan mereka.

- Talenan kayu, alat masak dari kayu, peralatan plastik, dot dan botol bayi harus dibuang karena hampir mustahil untuk membersihkan mereka dengan aman.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>