Belajar dari yang berlalu, Bermawas pada saat ini, & Berkesadaran menyongsong esok. 13 Februari – 83 BETTER

Posted by on 14 Feb 2013, 16:25 in Blog | in tag: | 0 comments

Sekelompok anak sedang bermain dengan riangnya, saat ada yang menang mereka bersorak sorai gembira bersama. Walau itu berarti ada yang kalah, si kalah tetap juga ikut bersorak gembira atas yang menang. Permainan pun menjadi medan suka cita bagi semua, mencari kemenangan bukan untuk diambil sendiri namun justru sebagai ajang kesenangan semua. Si kalah menjadikannya sebagai ajang pengalaman dan merasa tetap senang karena bisa memberi sorakan gembira bagi yang menang.

Suatu waktu saat bermain tiba, datang seorang pria yang memperhatikan mereka dari waktu-waktu sebelumnya. Ia melihat mereka bermain dengan “aneh”, dan memberitahu mereka bahwa seharusnya yang menang harus menghargai kemenangannya dengan merasa bangga atas kemenangannya itu. Sedangkan yang kalah harus merasa malu agar terlecut semangatnya untuk memperbaiki diri.

Anak-anak itu terdiam dan berpikir, mereka ingin mencoba yang dikatakan si pria itu. Saat mereka bermain pun menjadi kian bersemangat, semua mengeluarkan potensi terbaiknya agar bisa menjadi pemenang. Mereka berpikir dengan menjadi pemenang maka mereka akan terhindar dari malu.

Yang terjadi kemudian adalah sebuah permainan anak-anak ala “orang dewasa”. Tak ada lagi suka cita kebersamaan, tiada lagi kegembiraan bersama. Saat ada yang menang, membanggakan dirinya sebagai yang terhebat. Saat ada yang kalah, menjadi malu seperti orang buangan. Permainan yang penuh sorak sorai gembira menjadi medan pertempuran gengsi dan harga diri. Kemenangan yang terjadi bukan lagi untuk kegembiraan bersama, namun telah berubah menjadi ajang kegembiraan “sang aku”.

The mind moves in the direction of our currently dominating thought.
-Pikiran selalu bergerak mengikuti pemikiran kita yang lebih dominan-
(Earl Nightingale)

Belajar dari yang berlalu, Bermawas pada saat ini, & Berkesadaran menyongsong esok.
13 Februari – 83 BETTER

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>