(Tutup) Mari Menyelamatkan Badak Jawa yang Hampir Punah

(Tutup) Mari Menyelamatkan Badak Jawa yang Hampir Punah

Date:31 Dec 2013, 23:59 Ages: Price: Type: Location:

Halo, saya ingin mengajak teman-teman untuk membantu konservasi badak tepatnya Badak Jawa melalui program WWF Indonesia. Pada post kali ini saya akan menjelaskan inisiatif saya secara keseluruhan dan juga status serta rinciannya.

  • Mengapa Badak Jawa?
  • 250px-Javan_Rhino_RangeBadak Jawa (Rhinoceros sondaicus atau badak bercula satu) adalah salah satu spesies terlangka di dunia. Status badak ini adalah critically endangered dan masuk ke dalam red list UICN.

    Badak Jawa sebelumnya tersebar di gunung-gunung Pulau Jawa dan Sumatra, juga di beberapa negara Asia seperti Vietnam hingga Cina. Namun saat ini populasi Badak Jawa di dunia hanya tersisa di Indonesia. Badak Jawa terakhir di Vietnam dipastikan sudah punah pada tahun 2010 akibat pemburuan liar dan keberadaannya di Indonesia pun hanya ada di Taman Nasional Ujung Kulon (menurut penelitian tidak ada lagi Badak Jawa di alam liar). Estimasi terbaru populasi Badak Jawa adalah 35 ekor di seluruh dunia.

    Sebelumnya pada tahun 1960-an, di Ujung Kulon hanya tersisa 20-30 ekor saja, namun setelah bantuan dari WWF populasinya sempat meningkat hingga 2 kali lipat. Badak Jawa masih sangat membutuhkan bantuan hingga saat ini. Apabila kita kehilangan populasinya saat ini di Jawa, sama artinya dengan kehilangan seluruh spesies badak ini di dunia.

  • Mengapa bukan hewan lain, Harimau Sumatra misalnya?

  • Javan_Rhino_8.6.2012_Why_They_Matter_HI_36558Apabila teman-teman ingin menyumbang untuk hewan lain, silakan saja. Untuk kali ini saya ingin menggalang dana untuk Badak Jawa terlebih dahulu. Populasi Harimau Sumatra untuk saat ini 300-400 ekor, rasanya Badak Jawa lebih mendesak. Meskipun begitu, saya pribadi juga berpartisipasi dalam program Harimau Sumatra. Bukan berarti saya merasa Harimau Sumatra tidak membutuhkan donasi, namun saya hanya memberikannya secara pribadi sehingga nominalnya tidak terlalu banyak. Untuk program Badak Jawa ini saya mengharapkan dana yang terkumpul cukup besar karena mengajak teman-teman sekalian.


    Apabila teman-teman ingin berpartisipasi untuk Harimau Sumatra silahkan langsung menyumbang secara pribadi : Sahabat Harimau

    Tautan lain untuk donasi orangutan : Sahabat Orangutan

  • Penyebab Langkanya Populasi Badak Jawa

  • Dead_Javan_RhinoPada jaman kolonial pemburuan Badak Jawa sangat marak. Selain faktor-faktor alam seperti bencana alam, penyakit, dan populasinya yang sudah terbatas sehingga semakin menyulitkan proses breeding; faktor utamanya (lagi-lagi) adalah keserakahan manusia.

    Habitatnya hancur karena penggundulan hutan oleh manusia. Culanya diambil untuk kesombongan pribadi para pemburu. Terlebih lagi, cula ini sangat berharga dalam pengobatan Cina sehingga harganya sangat mahal. Ya begitulah kita, sering mengambil tapi lupa membalas budi.

  • Apa yang akan dilakukan dengan uang donasi?

  • WWF membutuhkan dana untuk mengatur habitat badak yang sudah ada di Ujung Kulon sekaligus menciptakan habitat baru untuk berjaga-jaga apabila terjadi bencana di Ujung Kulon. WWF juga memerlukan dana untuk meningkatkan populasi badak seperti dana untuk obat-obatan dan juga breeding. Populasi badak ini juga perlu dipantau dengan kamera maupun oleh petugas patroli untuk menjaganya dari pemburuan liar. Dana juga akan digunakan untuk menekan jumlah pohon Angera, pohon yang menyebabkan turunnya sumber makanan bagi badak.

  • Prosedur

  • Saya ingin mengumpulkan dana teman-teman sebelum disalurkan ke WWF, sehingga pemberian dana donasi melalui saya terlebih dahulu.

    Kenapa?

    Di WWF terdapat 6 paket adopsi Badak Jawa, berikut adalah nama dan minimal donasinya:
    Paket basic IDR 250 ribu
    Paket advanced IDR 750 ribu
    Paket family IDR 2 juta
    Paket silver IDR 10 juta
    Paket gold IDR 50 juta
    Paket platinum IDR 100juta

    Mungkin bagi teman-teman terutama yang masih kuliah/bersekolah minimal sumbangan 250ribu agak memberatkan. Bisa buat makan seminggu, katanya. Haha. Jadi bagi yang ingin menyumbang namun kurang dari 250ribu dapat melalui saya terlebih dahulu, tidak perlu dibatalkan sumbangannya. Tapi bukan berarti yang mau menyumbang melalui saya tidak boleh lebih dari 250ribu ya, semakin banyak semakin baik. Donasi ini adalah one time donation, sehingga hanya perlu memberikan donasi 1 kali, bukan donasi berkala.

    Saya juga akan membantu dan mengurus administrasi di WWF untuk sumbangan tersebut. Target saya untuk saat ini adalah 2juta sehingga dapat didonasikan ke paket family, dengan jangka waktu selama 1 minggu (terhitung dari tanggal 31/1/2013). Namun apabila bisa lebih, tentu akan lebih baik lagi.

    Untuk memudahkan perhitungan, saya sarankan minimal donasi melalui saya adalah 50ribu, namun jika kurang tidak apa, daripada donasinya dibatalkan.

    Donasi dapat ditransfer ke rekening BCA saya Sherly Septiani 527.0879.898.

    Apabila sudah mentransfer dan ingin konfirmasi/ingin menghubungi saya silahkan hubungi melalui comment post ini, atau melalui Twitter saya @shrlys atau email sherly.septiani@aol.com. Pasti akan secepatnya saya balas. Bagi yang memiliki nomor/pin saya silahkan hubungi langsung.

    Saat ini, penggalangan dana ini adalah inisiatif saya sendiri sehingga hanya saya yang menjalankan, namun saya sangat terbuka apabila ada teman-teman yang ingin membantu untuk mengurus, apalagi mengajak donatur baru.

    Seluruh hasil pengumpulan dana dan status donasi akan saya lampirkan di blog ini yaitu di link berikut : http://sherly-septiani.blogspot.com/2013/01/rincian-donasi-badak-jawa.html

  • Hadiah

  • Setiap donasi akan mendapatkan hadiah dari WWF tergantung paket yang diambil, contohnya mendapatkan plush toy rhino. Hadiah yang didapatkan akan saya berikan kepada penyumbang terbanyak. Donatur juga akan mendapatkan sertifikat bukti donasi; sertifikat serta laporan keuangan akan saya lampirkan di blog ini untuk transparansi keuangan dan bukti.

Semoga post kali ini dapat mengajak teman-teman untuk membantu hewan yang sudah hampir punah ini. Ditunggu kabar baiknya!

Catatan Penting :

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>