4 Tahu dan 1 Ati, Makanan yang Menyehatkan

Posted by on 17 Jan 2014, 22:07 in Blog | in tag: | 0 comments

4 jenis Tahu yang menyehatkan adalah:

1. “Tahu budi”:
Makanan yang kita makan adalah buatan seseorang, entah ibu atau siapapun, maka dari itu kita harus tau budi baik si pembuatnya.

2. “Tahu terima kasih”
Makanan yang kita makan patutlah berterima kasih atas makanan yang telah dibuat dengan susah payah. Tentu tidaklah mudah membuat masakan yang enak ini, maka dari itu kita haruslah tau berterima kasih atas apa yang sudah dimasakan.

3. “Tahu diri”
Makanan yang kita makan adalah kerja keras dari orang lain yang memasaknya, tentu sangatlah kecewa jika makanan yang kita makan terbuang karna ke serakahan kita,maka dari itu kita haruslah tau diri akan seberapa banyaknya makanan yang mampu kita makan.

4. “Tahu malu”
Makanan yang kita makan terkadang bukan selera kita,atau mungkin ada saja satu rasa yang kurang dari masakan itu, tetapi alangkah malu nya kita apabila makanan yang sudah di sajikan itu, hanya karna ucapan kita akan rasa masakannya, dapat menyakiti perasaan si pemasak, janganlah pernah mengatakan hal yang dapat menyakiti perasaannya, kita ada karna makanannya.

1. jenis Ati yang menyehatkan:
Adalah “Rendah Ati”, kerendahan hati kita dalam meneriman apapun yang telah di sajikan adalah hal yang indah untuk ditanamkan sejak dini, makanan yang sehat adalah makanan yang kita makan dengan kerendahan hati dalam memakannya.”

YM. Bhikkhu Thithasado
Dari : Pondok Meditasi Asri Jakasampurna

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>