Jimat Ajahn Chah

Posted by on 12 Mar 2014, 10:53 in Blog | in tag: | 0 comments

Ajahn Chah pernah menyita semua liontin-liontin mungil dengan foto dirinya dari seorang produsen, “Kamu tidak punya izin dari saya, saya tidak setuju dengan ini.” tukasnya.

Suatu hari, seorang umat datang, “Ajahn Chah, saya mau minta liontin. Saya ikut wajib militer. Sangat bahaya sekali. Meski kini tidak ada perang, tapi masih banyak bentrokan senjata. Jadi mohon beri saya liontin Buddha untuk melindungi saya dari peluru.”

Ajahn Chah menjawab, “Tidak. Tidak bisa.”

Kata orang itu, “Tolong.. tolong.. tolong..”

Jawab Ajahn Chah, “Tidak. Tidak. Tidak.”

Akhirnya umat ini kesal juga, “Ajahn selalu mengajari kami mengenai rasa terima kasih. Saya selama ini selalu memberi Ajahn makanan, mencukupi kebutuhan Ajahn. Setidaknya, rasa terima kasih Ajahn kepada saya adalah memberikan liontin Buddha agar saya terlindung dari peluru!”

Dibujuk-bujuk seperti itu, akhirnya Ajahn Chah melunak juga, “Memang benar tahu terima kasih itu penting. Kamu telah memberikan begitu banyak makanan untuk Bhikkhu ini. Kamu telah memberi sumbangan kepada Vihara. Baiklah, saya bisa memberi kamu patung Buddha untuk kamu kalungkan, yang benar-benar akan melindungi kamu dari peluru.”

“Hebat! Di mana itu?”

“Itu.. Patung Buddha besar di belakang sana. Kalungkan saja di lehermu, saya jamin itu akan melindungimu dari peluru!” Itulah satu-satunya liontin Buddha yang saya jamin bisa melindungi Anda dari peluru, cukup sembunyi di baliknya dan Anda akan kebal peluru!”.

Sebab hanya karmalah yang meyelamatkan kita, oleh sebab itu tanamlah karma baik untuk hasil yang baik pula.

Ketika mereka tidak memahami kebenaran, mereka akan memiliki takhayul, maka mereka akan mendapat masalah.

Jadi, mohon jangan berpikir seperti itu, sebab itu bukanlah esensi Dhamma.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>