Hal Sepele Ini Bisa Bikin Tagihan PLN Anda Berkurang

Posted by on 20 May 2015, 09:45 in Blog | in tag: | 0 comments

“Sebenarnya banyak cara untuk menghemat energi, cuma masalah kesadaran saja,” kata Direktur Utama PT Energy Management Indonesia, Aris Yunanto, ketika berkunjung ke kantor detikcom, Rabu (22/4/2015).

EMI adalah perusahaan pelat merah yang bergerak dalam bidang manajemen energi & konservasi air. Aris pun memberikan beberapa tips sederhana untuk menghemat listrik di rumah.

Penghematan bisa dimulai dari pengatur suhu ruangan AC, karena menurutnya sekitar 50% kebutuhan listrik dirmh biasanya berasal dari AC.

“Kalo mau hemat jangan begitu menyala langsung diturunkan suhunya, stabil saja di 24 atau 25 derajat celcius,” ujarnya

Operation Division Head EMI, Gunawan Wibisono, menambahkan setiap suhu udara diturunkan itu ada tambahan penggunaan listrik sekarang 6%. Jadi misalnya diturunkan dari 24 ke 18 sekaligus, maka ada tambahan penggunaan 36% daya listrik.
“Jadi sebaiknya 1 jam dibiarkan menyala dulu sebelum ruangannya dipakai.”

Selain itu, peralatan elektronik yang dalam posisi standby, misalnya TV atau perangkat audio, itu masih memakan listrik s/d 80% dari daya ketika hidup.
“Waktu standby itu masih menyedot listrik, +/- 80% dr daya listrik normalnya. Sebaiknya mmg dicabut saja colokannya kalo sdh tdk digunakan,” .
Jika repot cabut-mencabut colokan, bisa memakai terminal listrik yang ada tombol on/off-nya. Sehingga ketika selesai menonton TV tinggal ditekan saja.

Colokan lain yang masih memakan listrik ketika tidak dicabut adalah perangkat pengisi daya HP (ponsel) alias charger. Sampai saat ini masih banyak orang yang membiarkan colokan charger terpasang setelah selesai mengisi daya.
“Charger itu isinya kumparan, jadi selama terpasang akan terus memutar listrik di situ. Tanpa HP-nya itu sekitar 30% dari normal daya listriknya. Jadi kalau misalnya colokan 5 ampere, begitu selesai & tidak dicabut masih ada sekitar 2 ampere yang terus dipakai.”

Anda mungkin bisa mulai mempraktikkan tips2 sederhana ini di rumah. Coba rasakan penghematannya dalam beberapa hari ke depan. Semoga bermanfaat ya.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>