Kelak Meninggal Baru Berdana

Posted by on 8 Sep 2012, 05:53 in Blog | in tag: | 0 comments

Seorang pengusaha sukses dan terkenal bernama bertanya pada pendetanya, ”Maaf saya mengganggu pak pendeta. Begini, di lingkungan tempat saya tinggal, di lingkungan saya bekerja, di lingkungan pergaulan, saya selalu dijuluki orang pelit dan kurang bersedekah. Padahal aku sudah menyampaikan kepada mereka bahwa ketika kelak saya mati, seluruh harta dan warisan yang saya sekarang miliki akan saya hibahkan untuk yayasan sosial, semua sahabat dan orang-orang yang kurang beruntung lainnya.”

Sang pendeta tersenyum kecil mendengar pertanyaannya sambil balik bertanya, ”Emang matinya kapan, pak?”

”Ya… belum taulah…..!”

“Baiklah, Pak, untuk pertanyaan bapak, saya tidak perlu menjawabnya. Tapi saya akan menceritakan kepada bapak sebuah perumpamaan tentang seekor sapi dan seekor babi.”

Babi adalah termasuk binatang yang kurang disukai orang karena wajahnya yang jelek, badannya yang bau dan kandangnya yang selalu jorok, sedangkan sapi banyak yang suka.

Suatu hari Babi mengeluh kepada Sapi, “Pi(Sapi), orang selalu memuji badannmu yang bagus, matamu yang bening. Mereka pikir engkau sangat dermawan, sebab setiap hari engkau memberi mereka susu segar. Tetapi coba engkau bayangkan dengan aku. Aku telah memberikan semua yang aku miliki, nyawaku melayang sia-sia, dagingku mereka panggang & kadang mereka buat ham, kakiku mereka belah dan mereka membuat sop kaki babi. Bulu-buluku mereka olah dan dijadikan sikat. Tetapi kenapa tak satu pun orang di muka bumi ini yang menyukai aku.??”

“Mau tau apa jawaban si sapi?” kata Pendeta.

“Mau lah pak pendeta…” jawabnya

Si sapi menjawab, ”Bi..(Babi) barangkali karena aku memberikan apa yang aku miliki ketika aku masih hidup, sedangkan kamu….memberikan semuanya setelah kamu mati ….”

Pak Dhe itu terdiam sejenak dan akhirnya tersenyum mengerti…..

Hal terpenting dalam hidup adalah masa kini. Mari manfaatkan secara maksimal untuk memancarkan kasih dan kearifan.

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>